Rabu, 21 Januari 2015

Goa Kiskendo Kendal : Goa Dengan Aliran Sungai Kecil Yang Jernih

Gambar 1. Siluet yang didapat dari Goa

Mumpung ada inspirasi dan lagi rajin-rajinnya bikin postingan nih, ya udah nulis aja,hehe. Kali ini saya akan bercerita tentang kunjungan saya ke Goa Kiskendo Kendal. Sebenarnya kunjungan ini adalah rasa penasaran saya saat mencari tahu tentang Goa Kiskendo yang ada di Kulon Progo, karena nama yang sama, saat saya melakukan pencarian, ternyata saya nyasar kepostigan lain tentang Goa Kiskendo yang ada di Kendal. Setelah membaca postingan itu, saya pun penasaran ingin mengunjunginya. Lokasi Goa Kiskendo ini berada di desa Trayu, kec Singorojo, kab Kendal, sekitar 15 km dari Kendal Kota dan 27 km dari kota Semarang. Cukup dekat, karena saya tinggal di kota Semarang, tak lama setelah membaca postingan itu akhir pekan saya pun berencana untuk mengunjunginya.

Minggu 14 Desember 2014, saya berangkat dari rumah hendro(teman saya) yang berada di Manyaran, malamnya saya menginap disana, agar jarah tempuh menuju Goa Kiskendo menjadi lebih dekat. Dari Manyaran ke desa Trayu membutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan motor. Saat itu rencana ada 3 orang hendro,dinar dan saya sendiri. Saat itu saya dan hendro berangkat dari Semarang, sedangkan dinar dari Kendal. Sebelum berangkat, pagi itu kami menikmati sarapan dengan semangkuk mie instan dan dilengkapi secangkir teh hangat yang manis.

Setelah menikmati sarapan kami berangkat pada jam 08.30 WIB, untuk menuju Goa Kiskendo kami lewat BSB-dan menuju arah sukorejo-sampai lampu merah (dekat kantor polisi Kec Singorojo)-belok kanan sekitar 5km-Dari sini masuk gerbang dusun Kertosari- Masuk gerbang kemudian bertanyalah, karena tidak ada petunjuk jalan yang mengarahkan ke Goa Kiskendo ini. Meski tidak ada petunjuk jalan, namun rata-rata penduduk sekitar sudah tau Goa ini kok, jadi jangan ragu bertanya ketika mengunjungi tempat ini.

Gambar 2. Gerbang masuk Desa Kertosari

Setelah beberapa kali bertanya pada penduduk lokal, akhirnya pada jam 10.00 WIB kami sampai di Goa Kiskendo, tak berapa lama saya mendapat sms dari teman saya Dinar, ternyata dia tidak jadi menyusul karena ada acara mendadak. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, kami membayar sebesar Rp.4.000/orang dan Rp.2.000 untuk parkir motor. Dari parkiran menuju Goa terbilang cukup dekat yakni 50 meter saja. Sedikit berjalan menurun, kemudian sampailah ke mulut Goa.

Gambar 3. Mulut Goa

Goa Kiskendo memiliki beberapa lorong Goa, namun lorong goa tersebut tidak menembus antara satu dengan yang lainya. Jadi untuk menjelajahinya kami harus masuk satu persatu ke mulut goa kemudian keluar, dan masuk lagi kemulut goa yang lainnya. Oh iya untuk teman-teman kalau mau kesini jangan lupa bawa senter ya, karena didalam Goa tentunya akan sangat gelap.

Gambar 4. Salah satu mulut Goa yang ada di kawasan wisata Goa Kiskendo

Gambar 5. Dalam Goa

Setelah memasuki dan menjelajah masuk kedalam Goa, kami tiba di bagian paling bawah Goa, ditempat ini ada aliran sungai kecil yang jernih, dihimpit dengan dua tebing yang menjulang tinggi, sungguh perpaduan alam yang indah.

Gambar 6. Aliran sungai di Goa Kiskendo

Gambar 7. Pemandangan dari bawah tebing

Di bagian paling bawah Goa, terdapat peringatan bahwa sungai tersebut terkadang bisa meluap saat musim penghujan, sehingga bisa membahayakan pengunjung yang datang. Setelah berkeliling Goa kami pun melihat camping ground yang ada kawasan wisata ini, selain keindahan Goa, tempat ini juga sering dijadikan tempat berkemah. Tak hanya itu, tebing-tebing didekat kawasan wisata ini juga sering dijadikan tempat latihan panjat tebing, saat itu saya sempat bertemu dengan sekelompok orang yang melakukan aktivitas panjat tebing di Goa Kiskendo ini. Saya sempat mengobrol dan berbasa-basi, ternyata mereka tergabung dalam sebuah organisasi pecinta alam yang ada dikampusnya. Dikejar waktu, yah saat itu kami sedikit terburu-buru karena ada beberapa keperluan yang penting, sehingga kami kurang menikmati perjalanan. Jam 11.00 WIB setelah satu jam berkeliling Goa kami pun bergegas meninggalkan tempat tersebut dan melanjutkan aktivitas lain dihari itu. Mungkin Sekian dulu catatan perjalanan di Goa Kiskendo ini, nantikan updateannya ya dikunjungan kedua di Goa kiskendo, terimakasih untuk teman-teman yang sudah meluangkan waktunya membaca postingan ini, Sekian dari saya terimakasih.