Selasa, 12 Februari 2019

Gunung Kerinci : Cara Menuju Jalur Pendakian?

Gambar 1. Tugu Macan

      Catatan ini akan membahas bagaimana cara ke Gunung Kerinci? dan pilihan transportasi yang bisa digunakan. Perjalanan dari Kota Semarang, tapi bisa digunakan juga untuk teman-teman yang berada di daerah lain. Sesuaikan saja menurut jadwal dan etimasi butget masing-masing. Sebelum membahas perjalanan mari kita kenali dulu Gunung Kerinci ini.

Gunung Kerinci (juga dieja "Kerintji", dan dikenal sebagai Gunung Gedang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Provinsi Jambi, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang Provinsi Jambi. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra.
Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, di Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, di sini pengunjung dapat melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh.

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe stratovulcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009. (sumber)
     Oke kali ini masuk ke pembahasan. Saya melakukan perjalanan dari kota Semarang menggunakan kereta menuju Jakarta. Karena mengambil cuti yang cukup lama, sebelum ke tujuan saya mampir ke teman yang ada di Jakarta.

Gambar 2. Harga tiket tawang jaya/ Cek tgl 13-2-2019 (sumber)

     Nah kalo pake Tawang Jaya, saya masih punya banyak waktu untuk bermain saat itu. Ke Bandara pun juga bisa diantar kalo ada teman di Jakarta. Kalo mau langsung bisa naik bus (etimasi sekitar 40-70rb) Dari :
  • Stasiun Kereta Pasar Senen, Jakarta Pusat ke halte busway Pasar Senen yang posisinya di seberang bioskop Senen.
  • Naik bis TransJakarta Busway koridor 2 arah Harmoni atau Kalideres.
  • Turun di halte busway Stasiun Gambir.
  • Naik bis Damri Bandara Soekarno Hatta Cengkareng – Gambir arah Bandara Soekarno Hatta.
  • Turun di Bandara Soekarno Hatta 
     Perjalanan dari Bandara Soetta saya lanjut ke Jambi. Sebenarnya ada dua pilihan ke Padang atau Jambi, tapi karena penasaran saya coba keduanya. Berangkat melalui Jambi, saat pulang lewat Padang. Saat itu saya naik lion, yang berangkat jam 5.45 sampai Jambi jam 7.00. Harga tiket saat ini meningkat cukup signifikan, hampir dua kali lipat saat saya berangkat dulu.

Melalui Jambi

Gambar 2. Harga Lion Jkt-Jambi/ Cek tgl 13-2-2019 (sumber)

     Ketika sampai di Bandara kita bisa menelpon travel untuk transportasi ke Sungai Penuh. Perjalanan dapat ditempuh sekitar 10-12 jam perjalanan. Dengan biaya 100-150rb. Ada baiknya konfirmasi terlebih dahulu agar tidak terlalu lama menunggu di Bandara. Berikut pilihan trevel yang bisa dihubungi :

  • PO. Ayu Travel
    Tlp. 0748-22074, Jl. HOS Cokro Aminoto
  • PO. Cahaya Kerinci
    Tlp. 0748-21421, Jl. Diponegoro
  • PO. Safa Marwa
    Tlp. 0748-22376, Jl. Yos Sudarso no.20
Gambar 3. Po yang saya tumpangi saat itu

     Nah kalo lewat Jambi kita tidak bisa langsung ke Jalur Pendakian. Karena pemberhentian travel terakhir di Sungai Penuh. Harus naik angkot dulu sekitar 1-2jam perjalanan lagi. Angkot hanya tersedia pagi hingga sore. Pemberhentian angkotnya di dekat Hotel Yani Sungai Penuh, kalo kemaleman juga bisa menginap dulu di hotel. Biayanya cukup terjangkau paling murah 100rb untuk dua orang. Kalo mau cari perlengkapan atau bekal bisa di dekat sini. Misal beli gas kaleng ataupun logistik. 

Gambar 4. Hotel Yani (lokasi)

Gambar 5. Angkot tujuan Tunu Macan

     Dari Sungai Penuh kita berhenti di Tugu Macan (kresik tuo). Untuk mencapai jalur pendakian kita bisa menumpang warga ataupun mobil pengangkut sayur dll. Kalo jalan kaki mungkin membutuhkan waktu 30menit -1 jam. Pendaki dari luar kota biasanya istirahat di Homestay Subandi atau Paiman, letaknya ada di sebrang Tugu Macan. 

Melalui Padang

Gambar 6. Harga tiket termurah Jkt-Padang/ Cek tgl 13-2-2019 (sumber)

     Tidak berbeda jauh dengan Jambi. Perjalanan melalui Padang malah lebih mudah. Dari Bandara Soetta kita naik pesawat ke Kota Padang. Dari sini kita bisa minta dijemput Travel dengan tujuan Sungai Penuh. Sebelum sampai Sungai Penuh, bilang saja kepada sopirnya berhenti di Tugu Macan, Kresik Tuo. Perjalanan dari Bandara ke Tugu Macan membutuhkan waktu 6-8 jam perjalanan, dengan harga 130-200rb. Jika teman-teman terlalu malam, menginap saja di Homestay Subandi atau Paiman. 

Langsung Ke Kerinci

Jika tidak memiliki waktu yang banyak. Opsi yang paling cepat untuk sampai ke Gunung Kerinci sebenarnya kita bisa naik pesawat dari Jakarta ke Sungai Penuh. Dengan tiket yang lebih mahal tentunya, penerbangan ini ada satu kali transit sebelum ke Kerinci.

Gambar 6. Jakarta-Kerinci / Cek tgl 13-2-2019 (sumber)

Bandara ini terletak sekitar 60km dari Tugu Macan Kresik Tuo. Jadi sangat menghemat waktu bagi teman-teman yang ingin ke Gunung Kerinci tapi tidak bisa berlama-lama cuti,hehe. Oke sekian catatan saya kali ini, terimakasih sudah mampir. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Catatan Perjalanan Mendaki Gunung Kerinci Via Kresik Tuo





Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger