Rabu, 13 Juli 2016

Sabtu Minggu Di Pulau Karimun : Destinasi

Gambar 1. Menyelam di area snorkeling

Menyambung cerita saya sebelumnya : Akses. Kali ini saya akan mengulas tentang destinasi wisata yang saya kunjungi di kepulauan Karimunjawa. Karimunjawa merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang wilayahnya terdiri dari pulau-pulau dan lautan. Maka dari itu saya menyebut kawasan ini dengan sebutan "kepulauan". Tentu tak perlu ditanya lagi, obyek wisata disini kebanyakan berhubungan dengan laut dan pantai. Mungkin hanya sedikit destinasi yang akan saya bahas disini dan belum mencakup secara keseluruhan keindahan dari Kepulauan Karimunjawa. Maklum saat itu waktu yang terbatas, hehe. Yuk langsung aja kecerita :D.
     Sabtu, 23 Januari 2016 Jam 08.00, saya sampai dermaga Karimunjawa setelah dijemput kapal milik warga setempat. Sebelumnya saya naik KM Leuser yang berangkat dari Semarang, tetapi kapal ini tidak bisa merapat ke dermaga, karena dermaga terlalu kecil untuk berlabuh. Sampai di dermara saya dan rombongan dijemput dan diantarkan ke penginapan. Diperjalanan kami melewati alun-alun karimunjawa, banyak terlihat pedagang makanan dan souvenir. Selain itu saya juga melihat beberapa rumah warga setempat yang dijadikan tempat penginapan dengan berbagai macam tawaran harga. Tak sampai 5 menit kami sampai di penginapan. Kami meletakkan barang-barang dikamar yang telah disediakan, kemudian bersiap-siap untuk mengunjungi destinasi.

Jam 09.00, kami mulai berangkat menuju destinasi wisata. Oh iya, untuk teman-teman sedikit masukan, karena ini adalah wisata bahari jangan meremehkan untuk tidak menggunakan pelampung saat di kapal ya. Yang bisa renang aja bisa tenggelam apalagi yang gak bisa renang,hehe. Bawa juga pakaian ganti, plastik untuk melindungi gadget atau tempat pakaian kotor dan tentunya kamera, buat selfie-selfie ya gak :D.

Gambar 2. Contoh nih, tetep pakai pelampung saat dikapal

Pulau Tengah

Dari dermaga Karimunjawa, Pulau ini terletak disebelah timur laut. Sekitar setengah jam perjalanan menggunakan prahu. Disini kami tidak bersinggah ke pulau, namun hanya snorkeling didekat Pulau tersebut. Sebelum snorkeling kami diarahkan oleh pemandu. Jadi untuk teman-teman yang tidak bisa berenang tidak perlu takut, karena kegiatan snorkeling ini langsung diawasi oleh pemandu yang siap membantu anda. Oh iya ada hal yang perlu digaris bawahi, ketika memakai kacamata renang dan alat snorkel, jangan langsung melompat dari kapal yah. Sebab air laut bisa masuk ke kacamata renang dan alat snorkel, karena guncangan saat anda melompat.

Gambar 3. Spot snorkeling pertama

Gambar 4. Pemandangan bawah air

Saat itu langit sedikit berawan, jadi agak gelap pemandangannya. Sekitar satu jam kami snorkeling disini, perjalanan berlanjut ke Pulau Cilik.

Pulau Cilik

Pulau Cilik berada tidak jauh dari tempat kami snorkling, terletak di sebelah selatan Pulau Tengah. Sekitar jam 11.00 kami tiba dipulau ini. Cilik berasal dari bahasa jawa yang berarti "Kecil", dari namanya tidak usah dijelaskan teman-teman juga pasti sudah tahu mengapa pulau ini dinamai demikian. Yups, pulau ini memang kecil dan tidak ada penghuninya, hanya ada bangunan seperti pendopo yang digunakan untuk transit. Seperti yang kami lakukan di pulau ini kami beristirahat sambil mengisi perut yang kosong.

Gambar 5. Foto didermaga Pulau Cilik

Gambar 6. Bakar ikan, untuk makan siang

Gambar 7. Akhirnya makan :D

Setelah lama berada di Pulau Cilik, perjalanan berlanjut di spot snorkeling yang kedua. Sekitar jam 13.00 kami melanjutkan perjalanan. Disepanjang perjalanan angin bertiup sepoi, sangat sejuk. Pemandangan alam disini sangat memanjakan mata. Disini saya bisa melihat pulau Karimunjawa dari kejauhan serta pulau-pulau kecil yang berada disekelilingnya. Semua ini membuat perjalanan tak terasa. Meski ombak yang menghempas prahu kami, terkadang membuat perut saya mual.

Snorkeling Lagi

Lupa kemarin nama spotnya apa ini, pokoknya deketlah sama Pulau Gosong. Gak jauh juga kalo dari Pulau Cilik. Menurut saya lebih bagus disini daripada spot snorkeling yang sebelumnya. Banyak beraneka terumbu karang yang berwarna-warni. Liat aja gambarnya dibawah nih.

Gambar 8. Terumbu Karang

Gambar 9. Terumbu Karang 2

Gambar 10. Terumbu Karang 3

Gimana? baguskan. Sebenarnya masih banyak tempat-tempat yang bagus untuk menyaksikan keindahan bawah air di Kepulauan Karimun Jawa ini. Makanya kalo trip disini jangan cepet-cepet pulang, seperti saya,haha. Oh iya setelah cukup lama snorkeling, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Gosong.

Pulau Gosong

Pulau Gosong hanyalah gundukan pasir putih yang terletak di tengah laut. Tidak ada tanaman yang hidup dipulau ini, karena setiap air laut pasang pulau ini akan tenggelam. Sekitar jam 14.30 kami tiba, saat itu Pulau Gosong sudah hampir tenggelam. Hanya tersisa sedikit tempat untuk kami berpijak. Meskipun begitu masih banyak orang yang berdatangan kesini. Terlihat saat tiba di Pulau Gosong, kami harus bergantian dengan rombongan lain yang ada disana.

Gambar 11. Pulau Gosong

Pulau Menjangan Besar

Perjalanan berlanjut menuju Pulau Menjangan Besar. Kami tiba di pulau ini sekitar jam 15.30. Yang menarik dari tempat ini adalah kita bisa melihat penangkaran Hiu yang letaknya berada dipinggir laut. Jadi kolam-kolam hiu ini langsung berbatasan dengan laut. Selain itu kita juga bisa foto-foto dengan hiu tersebut didalam kolam, dengan catatan "tidak ada luka kulit", yang bisa menyebabkan hiu tertarik.

Gambar 12. Penangkaran Hiu di Pulau Menjangan Besar

Gimana, berani coba masuk?hehe. Lanjut lagi yuk, setelah Pulau Menjangan Besar kali ini perjalanan berlanjut ke Pantai Ujung Gelam.

Pantai Ujung Gelam

Rencananya destinasi hari ini akan diakhiri dengan melihat sunset di Pantai Ujung Gelam. Pantai Ujung Gelam ini berada di Pulau Karimunjawa. Jaraknya tak jauh dari Pulau Menjangan Besar, pulaunya hanya bersebrangan dan terlihat jelas. Setelah sampai di dermaga kami sudah di tunggu mobil jemputan. Saat itu kami langsung diantar menuju Pantai Ujung Gelam. Ternyata letak pantai ini cukup jauh, jadi hitung-hitung sekalian keliling pulau Karimunjawa.

Sekitar jam 17.15 kami tiba di Pantai Ujung Gelam. Rencana, memang terkadang tak seindah harapan, mungkin itu yang terjadi. Harapan melihat sunset pupus sudah, ketika melihat langit yang berawan. Namun tidak apalah kami menikmati sore sambil berkeliling pantai ini.

Gambar 13. Pantai Ujung Gelam

Gambar 14. Pantai Ujung Gelam 2

Kunjungan destinasi hari ini diakhiri di Pantai Ujung Gelam. Setelah menikmati sore di pantai Ujung Gelam kami menuju ke homestay untuk beristirahat. Sekian catatan perjalanan saya kali ini, nantikan cerita selanjutnya, masih di pulau karimun. Terimakasih